Our Blog

Wayang Sebagai Media Komunikasi Tradisional Dalam Diseminasi Informasi

Assalamu'alikum Wr. Wb.

Melihat orang zaman sekarang terutama orang Indonesia, kelihatannya miris sekali. Mengapa tidak? karena kebanyakan orang pribumi sudah mulai melupakan tradisi dan budaya yang dimiliki oleh Negaranya sendiri. Mulai dari style, perilaku, tutur kata, watak dan budayanya yang sudah mulai pudar akan khas ke-Indonesiannya. Contoh konkretnya ialah Wayang, Wayang seakan hanya menjadi sebuah materi pelajaran sejarah dan pelengkap sebuah museum budaya. Pertunjukan Wayang sudah mulai hilang peminatnya, kebanyakan orang sekarang (Indonesia) lebih tertuju pada hiburan yang hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Meskipun sebagian daerah di Indonesia masih banyak peminatnya, akan tetapi bisa dihitung dengan jari. Pertunjukan Wayang sebenarnya memiliki makna yang tersirat sebagai media informasi dan desiminasi informasi, bahkan agama Islam menjadi mayoritas di Indonesia salah satunya karena media dakwah yang digunakan oleh Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara  melalui pertunjukan Wayang. Jadi, saya berpendapat bahwa jika seandainya ada orang Indonesia yang menganggap Wayang itu hanya sebuah sejarah dan cerita pengantar tidur, status warga Indonesianya itu perlu dipertanyakan atau kalau boleh pindah ke Negera tetangga. Mengapa saya berpendapat seperti itu, karena orang luar negeri rasa keingintahuannya pada budaya Indonesia sangat tinggi. Bahkan United Nation Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengatakan bahwa Wayang termasuk salah satu warisan agung dunia ini.

Oleh karena itu pada postingan kali ini saya ingin berbagi pada temen-temen sebuah buku yang menurut saya pas untuk mengetahui dan membahas tentang seluk beluk Wayang. "Wayang Sebagai Media Informasi Tradisional dalam Desiminasi Informasi" itulah judul dari buku yang akan saya sampaikan pada temen-temen dalam mengisi isi blog ini. Untuk itu kepada temen-temen yang ingin membacanya bisa langsung dibawah ini atau kalau ada temen-temen yang ingin mendownloadnya bisa melaui link diakhir postingan saya ini. Check It Dot.!


Nah, kepada temen-temen yang berkenan ingin mendownloadnya bisa melalui salah satu link dibawah ini.
- Link 1
- Link 2
- Link 3

Sekian dulu dari daya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dalam postingan ini. Saya mohon kritik dan sarannya agar tetap bisa eksis dalam mengisi dalam blog ini.
Akhir kata dari saya. "Cintai Budaya Asli Indonesia"

Wassalamu'alikum Wr. Wb.

*Buku ini diterbitkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI-Direktorar Jendral Informasi dan Komunikasi Publik

No comments:

Post a Comment

MORONG LIBRARY Designed by Templateism | MyBloggerLab | Published By Gooyaabi Templates Copyright © 2014

Theme images by Moh Badar Risqullah. Powered by Blogger.