Our Blog

Kamus Al Munawwir

Assalamu'alikum Wr. Wb.

Ketika temen-temen belajar bahasa Arab atau kitab kuning pasti pernah mengalami kesulitan dalam hal makna atau arti. Entah itu temen-temen yang baru belajar atau yang sudah sedikit banyak paham tentang ilmu nahwu shorrofnya, akan tetapi masih butuh bantuan sebuah kamus. Guru di Pesantren saya sendiri masih sering kok membawa kamus atau paling tidak lihat-lihat kamus walau beliau sudah mengajar kitab-kitab tebal seperti Fathul Mu'in, Alfiah Ibnu Malik, Bajuri dan lain sebagainya. Kamus bahasa Arab begitu banyak jumlahnya ada yang tebal, tipis atau setengah-setengah. Akan tetapi disini dalam blog saya ini akan berbagi kepada temen-temen salah satu kamus bahasa Arab legendaris Indonesia karangan KH Ahmad Warson Munawwir, pengasuh pondok pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kamus ini sangat familiar dikalangan para penuntut ilmu (tholabul 'ilmi) terutama kalangan kaum sarungan (pesantren) yang notabene mempelajari kitab kuning bahkan bisa dikatakan wajib. 
Kamus Al Munawwir merupakan di antara peninggalan keilmuan KH Ahmad Warson yang juga murid dari KH Ali Maksum pengasuh awal Ponpes Krapyak setelah ditinggal pendirinya KH M Moenawir pada bulan Juli 1942. Sejak kecil KH Ahmad Warson dididik oleh KH Ali Maksum, dan di antara beberapa muridnya, KH Ahmad Warson memiliki kelebihan tentang perbendaharaan bahasa, sehingga dia didorong gurunya untuk mewujudkan kamus ini. Berkat dorongan dari Kyai Bisri Mustofa dari Rembang, karya kamus pun akhirnya selesai.* 
Kamus Al Munawwir yang saya bagikan dalam blog ini berformat Djvu yang mana masih membutuhkan bantuan aplikasi berupa aplikasi Ebook dan temen-temen bisa mencarinya di playstore. Akan tetapi saya disini juga akan membagikan kepada temen-temen yang berformat Application Package File  (Apk). Kepada temen-temen yang ingin mendownloadnya bisa melalui salah satu link dibawah ini.

Djvu

Apk

Sekian dulu dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata. Mohon kritik dan sarannya agar saya bisa menemani temen-temen dalam mengisi blog ini.
Akhir kata dari saya.

Wassalamu'alikum Wr. Wb.

Note :
* Untuk komputer atau laptop agar bisa membuka file Djvu gunakan aplikasi WinDjView.
* Untuk android agar bisa membuka file Djvu gunakan aplikasi Ebook droid

Sumber :
Wikipedia
http://shirotholmustaqim.wordpress.com/kamus-bahasa-arab-al-munawir/
http://arifna.blogspot.com/

http://kaahil.wordpress.com

1 comment:

  1. Kamus Almunawwir versi Android ini lho.!

    ReplyDelete

MORONG LIBRARY Designed by Templateism | MyBloggerLab | Published By Gooyaabi Templates Copyright © 2014

Theme images by Moh Badar Risqullah. Powered by Blogger.