Our Blog

Robohnya Surau Kami - A.A Navis

Assalamu'alikum Wr. Wb.

"Kamu tinggal di tanah Indonesia yang mahakaya raya, tapi, engkau biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumu teraniyaya semua. Aku beri kau negeri yang kaya raya, tapi kau malas. Kau lebih suka beribadat saja, karena beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang." Begitulah alasan mengapa Haji Sholeh masuk neraka. Haji Sholeh adalah seseorang yang ada dalam cerita Ajo Sidi yang membuat kakek penjaga surau (masjid berukuran kecil) merasa tersindir dan bunuh diri mendengar cerita tersebut. Kakek penjaga surau merupakan tokoh utama dalam cerita pendek (cerpen) karya Haji Ali Akbar Navis (A.A Navis) yang berjudul "Robohnya Surau Kami".

Cerpen "Robohnya Surau Kami" merupakan cerpen monumental dalam dunia sastra Indonesia yang menceritakan tentang dialog Tuhan dengan Haji Sholeh, seorang warga Indonesia yang selama hidupnya hanya beribadah dan beribadah. Di dalam setiap cerpennya di buku ini, A.A. Navis menampilkan wajah Indonesia di zamannya dengan penuh kegetiran. Penuh dengan kata-kata satir dan cemoohan akan kekolotan pemikiran manusia Indonesia saat itu - yang masih relevan pada masa sekarang ini.
Bagaimana temen-temen, penasaran dengan cerita-cerita karya A.A Navis ini. Agar tidak banyak basa basi mari kita baca bersama dengan mengawali bacaan bismillah.



Kepada temen-temen yang ingin mendownloadnya bisa memilih salah satu link dibawah ini.

Sekian dulu dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Mohon kritik dan sarannya agar saya bisa menemani temen-temen dalam mengisi blog ini.
Akhir kata dari saya.

Wassalamu'alikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

MORONG LIBRARY Designed by Templateism | MyBloggerLab | Published By Gooyaabi Templates Copyright © 2014

Theme images by Moh Badar Risqullah. Powered by Blogger.